Waspada Listeriosis Bagi Ibu Hamil

Waspada Listeriosis Bagi Ibu Hamil

Waspada Listeriosis Bagi Ibu Hamil,  Listeriosis adalah infeksi serius yang dapat terjadi  jika mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bakteri Listeria monocytogenes. Orang yang beresiko besar terinsfeksi  Listeria adalah ibu hamil dan janin yang sedang dalam tahap  berkembang, bayi yang baru lahir, serta  orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah,  yang dapat menyebabkan infeksi darah, meningitis, dan komplikasi yang serius. Ancaman utama bagi ibu  hamil adalah dampak buruk penyakit ini terhadap kehamilannya dan calon jabang bayinya. namun berdasarkan  kajian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika penyakit ini relatif jarang ditemui.
Listeriosis Bagi Ibu Hamil

Meskipun kasus yang relatif jarang,  Waspada Listeriosis Bagi Ibu Hamil adalah sesuatu yang diperhatikan untuk mencegah ekses negatif yang ditimbulkan bakteri Listeria. Lalu bagaimana bakteri ini menginfeksi ibu hamil?  Listeria dapat menginfeksi plasenta, cairan ketuban, dan bayi, dan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati. Bayi yang terinfeksi yang bertahan hidup kemungkinan akan lahir prematur. Banyak akan lahir sakit berat atau sakit segera setelah lahir, dengan masalah yang dapat mencakup infeksi darah, kesulitan bernapas, demam, luka kulit, lesi pada beberapa organ, dan infeksi sistem saraf pusat seperti meningitis.
Listeriosis
Beberapa bayi baru lahir dari ibu yang terinfeksi tampak sehat saat lahir dan pertama kali memiliki tanda-tanda infeksi, biasanya meningitis, seminggu atau bahkan beberapa minggu setelah melahirkan. Ini disebut "akhir-onset listeriosis" mungkin merupakan hasil dari bayi terinfeksi selama persalinan dan kelahiran (seorang wanita yang terinfeksi mungkin pelabuhan bakteri di leher rahim, vagina, atau saluran pencernaan), atau, lebih jarang, dari transmisi dari sumber selain ibu.

Untuk Menghindari  Listeriosis  Pada Ibu Hamil
  • Masak semua daging, unggas, dan ikan secara sempurna , masak daging  sampai berwarna  merah muda lagi di tengah. Untuk  Ikan harus dimasak sampai daging di tengah adalah buram. Dan pastikan untuk tidak mencicipi makanan Anda sebelum hal itu dilakukan.
  • Hindari semua keju yang tidak dipasteurisasi lembut. karena  mungkin berisi strain bakteri yang disebut Listeria.
  • Mencuci dengan bersih  atau mengupas semua buah-buahan dan sayuran sebelum makan mereka. 
Listeriosis
Terakhir ingat selalu apa yang ibu hamil makan, itu pula yang dimakan bayinya, Waspada Listeriosis Bagi Ibu Hamil  adalah suatu bentuk kasih sayang terhadap bayi.


5 komentar:

Yanto cungkup mengatakan...

saya baru tau tentang istilah Listeriosis ini nih mbak.
ternyata salah satu infeksi pada ibu hamil ya.
menambah wawasan saya nih

Unknown mengatakan...

terimakasih kunjunganya mas yanto, sebenarnya tidak selalu menyerang ibu hamil hanya kali ini mengangkat ibu hamil agar kelak bayinya tidak terinfeksi juga

Wahab Saputra mengatakan...

Iya nich makanan jaman sekarang dipertanyakan kesehatannya...

harus lebih hati2 klo memili makanan

Unknown mengatakan...

tepat sekali mas apalagi kita sering komsumsi makanan siap saji

Unknown mengatakan...

zaman sekarang banyak pantangan terhadap ibu hamil jadi harus hati-hati ibu hamil dalam memilih makanan ..

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top