Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga?

Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga?

Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga? YA boleh lah  selama tidak memiliki masalah dan yang pasti harus konsultasi ke dokter kandungan atau ginekolog untuk mengetahui olahraga apa yang baik untuk ibu hamil.  Tentu saja olahraga dapat meningkatkan tingkat suasana hati dan energi ibu hamil yang sering berfluktuasi atau drop karena berat badan dan ketidakseimbangan hormon selama kehamilan. Selain itu olahraga  juga dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu sirkulasi dan mengurangi sakit, nyeri dan ketidaknyamanan terutama di bagian belakang, otot dan sendi yang sering menyertai kehamilan. Ada juga pengurangan umum dalam kelebihan berat badan serta kemungkinan lebih tinggi menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ada pertanyaan  Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga, yaitu:
  • Hindari mengangkat olahraga mengangkat  beban  
  • Rasakan tubuh Anda, jika Anda merasa sakit atau pusing, hentikan!
  • Jangan lakukan lebih dari 3 sesi latihan moderat tingkat per minggu.
  • Selalu memberitahu instruktur bahwa Anda sedang hamil sehingga dia  bisa mengukur porsi latihanya.
  • Minum banyak air-Anda akan berkeringat lebih ketika hamil sehingga Anda harus mengganti cairan yang hilang.
  • Hindari berbaring telentang setelah trimester- pertama ini dapat menyebabkan pusing karena menempatkan rahim Anda langsung di atas vena kava Anda yang merupakan pembuluh darah utama dan dapat mengurangi aliran darah ke otak dan rahim.

Apa Saja  Olahraga Ideal Bagi Ibu Hamil:


Renang
Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga?
gambar: https://www.flickr.com/photos/gonzalomerat/4845584521

Karena olahraga  renang  memiliki beberapa manfaat salah satu efek samping yang tidak menyenangkan dari kehamilan adalah bahwa ibu hamil  membawa sekitar banyak berat badan ekstra selama berbulan-bulan. Ketika ibu hamil berada di dalam air, tidak akan merasa bahwa berat badan ekstra dan itu akan menjadi jauh lebih mudah untuk melatih kedua kelompok otot besar (lengan dan kaki) dan menikmati manfaat kardiovaskular berenang. Pertumbuhan perut sering menyebabkan sakit punggung yang berenang dapat membantu menetralkan, dengan memperkuat otot-otot. Sebagai overheating adalah salah satu risiko latihan intensif selama kehamilan, berenang adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah itu, karena air menenangkan.  Berenang dapat menjauhkan dari stres dan ketegangan serta meningkatkan fleksibilitas, membangun kekuatan dan daya tahan dan membakar banyak kalori dalam waktu singkat dibandingkan dengan olahraga umum lainnya seperti jogging atau bersepeda. Ini akan menjadi jauh lebih mudah bagi Anda untuk menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan.

Pilates
Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga?
Gambar: https://www.flickr.com/photos/heraldpost/5014020009

Selama kehamilan, banyak wanita mengalami masalah keseimbangan. Pilates memberi ibu hamil  lebih banyak stabilitas selama kehamilan . Teknik relaksasi dan pernapasan adalah keuntungan besar dari Pilates yang bahkan dapat membantu sang ibu membawa bayi ke posisi yang benar dan mempersiapkannya untuk melahirkan.,  disamping itu manfaat Pilates dapat  memberi lebih kuat, lebih fleksibel, dan lebih seimbang tubuh, yang akan sangat merasakan manfaat dari selama proses kehamilan.

Berjalan
Berjalan mungkin adalah cara termudah dan termurah  untuk tetap fit selama kehamilan karena tidak perlu belajar teknik baru yang mungkin perlu belajar untuk pilates, yoga atau berenang dan tidak tergantung pada jadwal kelas olahraga.  Berjalan adalah cara yang bagus untuk latihan dan mendapat manfaat  dari aktivitas kardiovaskular tanpa menempatkan terlalu banyak tekanan pada lutut dan pergelangan kaki. Itu membuat tubuh ibu hamil tetap kencang  kencang. Dan merupakan  cara yang bagus untuk mencegah diabetes gestational. yang mungkin menyebabkan bayi lahir terlalu besar, dan risiko pengembangan diabetes tipe II. Berjalan di tahap terakhir kehamilan  dapat membuat lebih mudah untuk kepala bayi Anda bergerak turun ke dalam panggul dan akan sangat membantu pada saat persalinan.

Nah sekarang Ibu sudah tahukan jawaban  Apakah Ibu Hamil Boleh Olahraga? semoga bermanfaat bagi ibu hamil terutama para ibu muda yang baru mengalami kehamilan .



9 komentar:

Immanuel Lubis mengatakan...

hmm, nice info... hehehe... bingung mau komen apaan, hahaha

denny aditia mengatakan...

paling enak jalan pagi sambil menghirup udara segar :)

Aidil Cakep mengatakan...

sangat mencerahkan gan info nya, ini bisa buat bekal ane kalau sudah berkeluarga kelak, makasih banyak

yadi baroos mengatakan...

kemarin sewaktu istriku hamil aku nemenin jalan pagi sebagai olah raganya

Dwi Sugiarto mengatakan...

Buat ibu-ibu yang lagi hamil tidak ada alasan lagi untuk malas berolahraga hamil bukan alasan untuk berhenti berolah raga

Bang Ancis mengatakan...

Makasih informasinya... yah nanti kalo dah punya istri saya mau fraktekin... hehehehe

Taqorrub Ubaidillah mengatakan...

iya betul itu gan, jadi bumil harus olahraga teratur, jangan malah ngidam melulu yak hahaha

Ucu Setiawati mengatakan...

ibu hamil juga pastinya harus olahraga juga ya biar bayi yang dikandungnya sehat,terimakasih infonya :)

ilmu des mengatakan...

kalau menurut saya, olah raga bagi ibu hamil itu sangat penting, asal tidak memberatkan, contohnya adalah jalan santai/jalan kaki, trus renang ringan, karena katanya bisa membantu melancarkan persalinan nanti. Kemarin istri saya jarang sekali olah raga, jadi agak susah, tapi alhamdulillah persalinannya lancar.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top