3 Jenis Virus Influenza

3 Jenis Virus Influenza

Seperti ditulis pada postingan sebelumnya influenza menyerang ketika daya tahan tubuh kita lemah, Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae. Ada 3 Jenis Virus  Influenza yang  umumnya ditularkan melalui udara melalui  batuk atau bersin, yang akan menimbulkan aerosol yang mengandung virus. Influenza dapat diinaktivasi oleh sinar matahari, disinfektan, dan deterjen. Rajin menjaga kebersihan seperti   mencuci tangan akan mengurangi risiko infeksi karena virus dapat diinaktivasi dengan sabun.
3 Jenis Virus  Influenza
gambar: Flickr

 

Berikut adalah  3 Jenis Virus  Influenza


1. Virus  Influenza  Tipe A
Influenza tipe A merupakan virus yang dapat  menyerang hewan, tetapi, sering kali virus influenza tipe ini A juga menyerang manusia dan bisa menyebabkan kerusakan serius pada sistem pernapasan.  Adapun hewan jenis unggas merupakan penyebar utama virus ini pada hewan lain maupun manusia. Influenza tipe A merupakan virus influenza yang sering kali menjadi wabah di negara-negara tropis.

Penyebab influenza jenis  A ini merupakan patogen bagi manusia diantara ketiga virus yang lain dan dapat  menimbulkan penyakit berat bagi manusia yang terkena.

2. Virus  Influenza  Tipe B
Virus influenza tipe B merupakan virus yang hanya ditemui pada manusia. Jika dibandingkan dengan Tipe A, Tipe B memiliki tingkat bahaya yang lebih rendah dan Influenza tipe ini digolongkan tidak memiliki potensi untuk menjadi wabah. Namun tetap saja  masih memiliki kemungkinan untuk berkembang menjadi virus mematikan.

3.  Virus  Influenza  Tipe C
Dibandingkan dengan dua  2 Jenis Virus influenza  sebelumnya tipe C adalah  jenis yang paling ringan. Virus tipe C  ini hanya menyerang manusia selain itu juga  tidak dapat menimbulkan kerusakan serius pada sistem pernapasan. Sama seperti virus influenza  tipe B, virus ini juga tidak menyebabkan wabah.
3 Jenis Virus  Influenza
gambar: Flickr

Karena 3 Jenis Virus  Influenza dapat menyebar dengan mudah melalui kontak fisik secara langsung ataupun melalui udara atau cairan tubuh, maka perlu dilakukan upaya pencegahan.

1. Rajinlah  cuci tangan dengan sabun,terutama apabila baru menyentuh atau kontak dengan orang yang terkena influenza.

2. Makan-makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus penyebab flu ini

3. Usahakan  memakai masker jika sedang ada wabah flu disekitar lingkungan  kita

4. Upayakan gaya hidup sehat, tidak merokok, minum alkohol, stress, istirahat cukup

5. Berolahraga untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita agar  tetap fit atau selalu dalam kondisi optimal.



Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top