Penyebab Sakit Mata Pada Balita

Penyebab Sakit Mata Pada Balita

Bagi  orangtua yang mempunyai Balita , terkadang sang ibu sulit bingung apa  Penyebab Sakit Mata Pada Balita.  Hal ini sebenarnya masih lumrah karena  saat masih bayi, sistem daya tahan tubuh manusia masih belum matang, sehingga virus dan bakteri akan dengan mudah masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh bayi. Salah satu organ bayi yang rentan sekali diserang bakteri dan virus adalah mata. Ada banyak penyebab sakit mata pada balita diantaranya seperti dibawah ini.
Penyebab  Sakit Mata Pada Balita

Penyebab  Sakit Mata Pada Balita 

1. Akibat  terkontaminasi bakteri dan virus, umumnya karena  sering menyentuh daerah sekitar mata setelah berinteraksi dan menyentuh benda yang ada disekelilingnya yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman.

2.  Masuknya debu jalanan secara tidak sengaja sehinnga menyebabkan iritasi mata balita

3.  Balita kurang mengkomsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin A.

4.  Penyumbatan Saluran Air Mata Pada Bayi

5.  Orangtua kurang menjaga kebersihan mata balita
Penyebab  Sakit Mata Pada Balita


Ciri Sakit Mata Pada Balita

1.  Muncul  kemerahan di balik kelopak mata dan menyebar sampai bagian putih mata.

2.  Mata balita  menjadi bengkak.

3. Keluarnya cairan pada mata yang mengering  yang menyebabkan terjadinya pengerasan     kulit di sekitar kelopak mata. atau bahasa awaw kita kenal dengan "belek".

Mengobati Sakit Mata Pada Balita

1.  Bersihkanlah  mata balita  dengan bola-bola kapas basah atau kain lembut
2. Jangan membersihkan mata balita  dengan air hangat, karena dapat memicu terjadinya iritasi
3.  Hindari membersihkan mata balita  dengan cairan pembersih mata, karena dikhawatirkan kulit mata bayi sensitif terhadap zat-zat dalam cairan pembersih mata.

Untuk orangtua terutama ibu muda  agar mengetahui Penyebab  Sakit Mata Pada Balita supaya tidak panik jika hal ini terjadi,  menjaga kesehatan mata balita  serta meningkatkan kepedulian terhadap buah hati nya supaya tidak terkena yang namanya sakit mata. Namun jika sakitnya tak kunjung membaik maka secepatnya bawa ke dokter spesialis anak


Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top