Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil

Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil

Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil
Setiap wanita normal pasti mengalami kehamilan, untuk itu harus mengetahui Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil. Hemoglobin sendiri adalah  pigmen pembawa oksigen dan protein utama dalam sel darah merah.Pada keadaan kaya oksigen, hemoglobin disebut oksihemoglobin dan berwarna merah terang sementera  keadaan kurang oksigen disebut deoksihemoglobin dan berwarna ungu kebiruan.

Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil nilai  normalnya adalah  11 g %. Adapun tujuan  pemeriksaan   hb di laboratorium  pada ibu  hamil salah satunya untuk mengetahui kadar sel darah merah pada ibu hamil.  Pada usia  kehamilan  32 minggu keatas, ibu hamil mengalami pengenceran darah (hemodulusi ).   Pada  masa kehamilan  dianjurkan untuk selalu minum pil penambah darah  setiap 1 × 1 sehari.  Yang  tujuannya diantaranya mengurangi resiko perdarahan pada saat melahirkan.  Pemeriksaan  Hemoglobin  pada saat hamil dianjurkan dua kali yaitu satu kali di kehamilan trimester pertama dan pada kehamilan trimester ketiga. Sehingga dapat mengetahui seberapa banyak kebutuhan zat besi saat hamil. Ibu  hamil membutuhkan zat besi jauh lebih banyak. Selain untuk menutupi kehilangan basal, juga untuk kebutuhan pembentukan sel ¬ sel darah merah yang bertambah banyak, kebutuhan plasenta serta janin dalam kandungan.
Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil


Begitu pentingnya Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil  karena jika hemoglobin ibu hamil kadarnya di bawah normal, dikhawatirkan  dapat mengganggu sel-sel otak janin tidak berkembang dengan optimal. Hal lain yang tak kalah penting adalah untuk menghindari anemia, ya betul  anemia juga menyebabkan ibu yang sedang hamil  lemas dan cepat  sekali kelelahan . Untuk itu biasanya  setelah konsultasi ke dokter spesialis kandungan  akan meresepkan suplemen zat besi agar kadar hemoglobin mama normal.


5 komentar:

iin indriani mengatakan...

wahhh info penting nie mba, ternyata kadar hemoglobin yang kurang jg ada akibatnya ya bagi kehamilan, hmmm kalo makanan yg nambah kadar itu ada ga ya mba?

Lela S mengatakan...

mba iin sebetulnya kalau hemoglobin ibu hamil rendah sedikit ya masih wajar, hanya jangan terlalu rendah, karena selama hamil volume darah meningkat 50 % dari 4 ke 6 L, volume plasma meningkat sedikit menyebabkan penurunan konsentrasi Hb. Kalau untuk makanan sebaiknya mengkomsumsi sayuran hijau dan dianjurkan minum susu yang mengandung zat besi

Achmad Fazri mengatakan...

kalo lagi hamil bukannya gak boleh minum obat/ pil penambah darah ya mba, takutnya malah membawa efek samping pada bayinya :) kalo makan ati ayam atau sayur sayuran yg dapat menambah darah seperti bayam bagusan mana sama minum pil...

Abu Zaini mengatakan...

Artikel yang bermanfaat saya baru baca neh... makasih y

Elang Al Farez mengatakan...

Terima kasih banyak ya mas :)

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top