Sakit Kepala Ketika hamil

Sakit Kepala Ketika hamil

Kehamilan  membuat wanita merasa begitu bahagia tetapi terkadang juga muncul   sejumlah komplikasi. Sakit Kepala Ketika hamil adalah salah satu masalah yang cenderung meningkat selama kehamilan.  Hal ini sering terjadi karena perubahan sistem hormonal bersama dengan, lapar kelelahan dan suasana hati fluktuasi yang sering ibu hamil  alami. Sebagian besar wanita mungkin berpikir mengapa sakit kepala terjadi  selama kehamilan? Nah, gejala sakit kepala yang disebabkan oleh perubahan yang terjadi di otak dan sistem saraf wanita hamil. Ini memiliki efek keseluruhan pada otot, sendi serta pembuluh darah. Selain itu, mual, gangguan tidur, gizi buruk mungkin ada beberapa faktor lain.  Lakukanlah perawatan   sakit kepala  yang tepat karena jika tidak ditangani mungkin menganggap lebih kronis bentuk yaitu migrain (migraine diketahui mempengaruhi 25% wanita selama tahun melahirkan anak). Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ibu hamil  lakukan untuk meringankan rasa sakit tersebut:
Sakit Kepala Ketika hamil
 Gambar: https://www.flickr.com/photos/55228896@N05/16341603045

1. Istirahat yang cukup selama kehamilan adalah suatu keharusan.  Seringkali karena kelelahan dan stres yang akhirnya menjadi  sakit kepala.  Pastikan   menjaga posisi bantal  dalam posisi yang nyaman dan tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Minum banyak air yang paling sering direkomendasikan oleh dokter selama kehamilan. Selain ini, Anda dapat mengambil banyak cairan lain juga seperti jus yang akan memberi Anda energi dan membuat Anda tetap segar juga.


3.  Jika Sakit Kepala Ketika hamil maka pijatlah  tepat dari leher dan kepala . Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu minyak esensial seperti minyak zaitun. Anda tentu saja dapat meminta pasangan Anda untuk membantu.

4. Cobalah pergi keluar di taman, untuk menghirup di udara segar 

5.  Makan makanan kecil berkali-kali sehari dianjurkan selama kehamilan,  karena jika kurang asupan makanan  kadar gula menjadi  rendah sehingga menyebabkan  sakit kepala.

6.  Aromaterapi adalah cara lain untuk mengobati sakit kepala ketika  hamil. Ibu hamil  bisa menaruh beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau peppermint pada katun lembut atau tisu dan mencoba untuk bernapas secara teratur  atau mengoleskannya pada dahi.
Sakit Kepala Ketika hamil
 Gambar: https://www.flickr.com/photos/health37027/6910905125/in/photostream/

Sakit Kepala Ketika hamil menunjukkan bahwa 57% dari wanita hamil merasa berkurang sakit kepalanya   minimal selama trimester pertama,  sementara sekitar 85% wanita hamil merasakan penurunan  signifikan selama trimester kedua dan ketiga.  Jika  mengalami sakit kepala  harus berkonsultasi dokter kandungan   sehingga   mendapat penanganan yang tepat.

Selain  dari beberapa poin  yang telah disebutkan di atas, juga penting bagi ibu  hamil untuk melakukan perubahan tertentu dalam gaya hidupnya. Seperti tidur dengan baik dan menghindari minuman seperti alkohol, kafein Penting bagi ibu hamil  untuk mencatat hal-hal berikut:

1. Waktu di mana sakit kepala dimulai

2. waktu di mana sakit kepala berhenti

3. Apakah ada makanan atau minuman tertentu yang  dimakan sebelum sakit kepala dimulai.

4. Setiap obat yang Anda ambil setelah sakit kepala dimulai.


Catatan Sakit Kepala Ketika hamil  ini harus diberitahu dengan dokter  sehingga ia dapat mengetahui penyebab dan penangananya . Dalam beberapa kasus, sakit kepala tidak bisa dihentikan bahkan oleh langkah-langkah dan dalam kasus seperti itu, mungkin karena sesuatu yang lebih berbahaya seperti preeklamsia (tekanan darah tinggi selama kehamilan).


2 komentar:

Unknown mengatakan...

perlu waspada buat ibu hamil. kalo terjadi sakit kepala mending langsung ke dokter aja ya , makasih share nya

Nathalia Diana Pitaloka mengatakan...

wkt hamil dl, alhamdulillah ga pernah sakit kepala...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top