Rokok Pemicu Kolesterol Tinggi

Rokok Pemicu Kolesterol Tinggi

Banyak orang yang tidak tahu bahwa  ternyata  Rokok Pemicu Kolesterol Tinggi dalam tubuh manusia. Dalam beberapa situs kesehatan disebutkan bahwa zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok, terutama nikotin, dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah.  HDL (kolesterol baik) berfungsi  untuk  mengumpulkan kelebihan LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah dan mengangkutnya kembali ke hati untuk dibuang. Bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam asap rokok, yaitu akrolein, dapat merusak HDL sehingga mengganggu tugas HDL dalam mengumpulkan kolesterol jahat atau LDL.
Berhenti Merokok
 Zat nikotin dalam rokok dapat mempercepat proses penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan dan penyempitan ini bisa terjadi pada pembuluh darah koroner, yang bertugas membawa oksigen ke jantung.  Selain Rokok Pemicu Kolesterol Tinggi,  rokok juga dapat meningkatkan tekanan darah pada nadi. Dengan  menghisap rokok juga dapat merusak lapisan dalam pembuluh darah, memekatkan darah sehingga mudah menggumpal, mengganggu irama kerja jantung dan kekurangan oksigen karena karbon monoksida.

Menurut Dokter spesialis jantung yang juga  Ketua Perkumpulan Vaskuler Indonesia, Auli Sani Sp.JP(K), FJCC memaparkan ,  bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan metabolisme lemak. Pada orang-orang yang merokok, ditemukan kadar HDL-nya rendah. Itu artinya, pembentukan kolesterol baik, yang bertugas membawa lemak dari jaringan ke hati menjadi terganggu. Sementara kebalikannya justru terjadi pada kadar LDL-nya. Pada orang yang merokok ditemukan kadar LDL-nya tinggi, berarti lemak dari hati justru dibawa kembali ke jaringan tubuh.

Nah tunggu apalagi berhentilah merokok ternyata Rokok Pemicu Kolesterol Tinggi anda, mudah  mengantuk adalah salah satu gejalanya , dikarenakan  kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk.  Untuk  anda  yang sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya anda segera mengecek kadar kolesterol tubuh anda di laboratorium terdekat.

sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/eschipul/2437593805


5 komentar:

ODE mengatakan...

waduhhh berat ini tulisan. lebih brt lagi harus meninggalkan rokok.. hehe

Unknown mengatakan...

Ha ha berat jangan diangkat mas Ode pasti suka ngeblog sambil merokok ya he he, hati hati mas rokok itu berbahaya bukan sekedar peringatan pemerintah lho

ODE mengatakan...

bgmn kalau di tambah kopi hitam lagi... hehee

Unknown mengatakan...

kopi hitam sepertinya tukang begadang nih agan Ode komplit bgt rokok n kopi tetap harus hati hati mas

Adi Pradana mengatakan...

Untung saya dah lama ga merokok, dah berhenti sejak anak saya lahir...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top