Obesitas Pada Remaja

Obesitas Pada Remaja

Obesitas adalah penyakit kronis yang menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi kesehatan individu.  Obesitas Pada Remaja meningkat selain faktor genetik hal ini juga disebabkan pola hidup yang kurang sehat, seperti makan makanan instan atau siap saji ditambah lagi aktifitas fisik yang jarang dilakukan. Adanya peningkatan  obesitas pada remaja  akan menjadi  masalah kesehatan  di masa depan.  Penyakit yang berpotensi akibat obesitas adalah  diabetes, penyakit jantung, kanker, stroke, tekanan darah tinggi, dan arthritis dapat menyebabkan kematian dini. Obesitas ditentukan ketika indeks massa tubuh seseorang, BMI, adalah lebih dari 30 mereka dianggap obesitas.
Obesitas Pada Remaja
Gambar:  https://www.flickr.com/photos/101873682@N02/16590291255

Berikut adalah beberapa tips yang disarankan  bagaimana untuk mengobati Obesitas Pada Remaja supaya berjalan dengan baik :

1. Mulailah dengan perubahan bertahap
Bertindak sebagai contoh. Jika anak-anak Anda melihat Anda makan sehat dan berolahraga secara teratur, maka mereka kemungkinan besar mengikuti kebiasaan Anda sebagai orangtuanya.

2. Sediakan di dapur  atau kulkas  dengan makanan ringan rendah lemak, susu, dan sayuran segar.

3.  Biasakan  anak remaja Anda minum banyak air.  Namun batasi asupan soda, air rasa, dan minuman energi berbasis gula. karena itu adalah kalori kosong.

4. Dorong anak Anda untuk melakukan  olahraga rutin . Hal ini selain  meningkatkan  aktifitas fisik juga mereka  dapat berinteraksi dengan teman-temanya.
Obesitas Pada Remaja
Gambar: https://www.flickr.com/photos/mainerunningphotos/9194063535

Kita perlu mendorong remaja  untuk mengatasi masalah berat badan mereka dengan pengobatan yang relatif sederhana. Remaja sekarang cenderung  tidak aktif karena menghabiskan terlalu banyak melakukan kegiatan stasioner seperti menggunakan komputer, bermain video game dan menonton TV. Obesitas dapat menyebabkan banyak masalah besar seperti diabetes, gangguan tidur, tekanan darah tinggi.   Obesitas Pada Remaja juga dapat menimbulkan masalah psikologi seperti minder dalam pergaulan akibat menurunya kepercayaan diri. Jika remaja telah berhasil menurunkan  berat badanya, sangat penting bahwa dia mempertahankan itu.






7 komentar:

dunia kecil indi mengatakan...

Obesistas memang berbahaya, ya. Aku sendiri mudah gemuk, soalnya untuk olahraga dibatasi oleh dokter. Tapi dengan menjadi pescatarian juga membantu menjaga berat badan ;)

Unknown mengatakan...

Tetangga aku ada yang obesitas dia masih remaja sudah disarankan untuk berolahraga malah tidak mau dan malah melanjutkan makan dengan lahapnya, aduh x___x

dennyaditia mengatakan...

obesitas selain menjadi pintu masuk berbagai penyakit juga membuat anak dengan obesitas menjadi korban bully

daniel mengatakan...

Untuk mencegah obesitas, kita musti pandai2 jaga pola makan dan berolah raga sepertinya.....kalau saya sekarang sudah bukan remaja tapi memang obesitas

Unknown mengatakan...

.Berbahaya juga ya .. kalau saya sih masih remaja, tapi saya bersyukur tidak terkena Obesitas. O:)
.Alhamdulillah memakan makanan serba instan tidak sering, meminum minuman soda juga sudah kurang. :)

.Hmm. Terima kasih sudah sharing . :)

Hendri Hendriyana mengatakan...

kalo saya malah ga bisa gemuk nih.hehe

Unknown mengatakan...

obesitas memang bisa memiocu berbagai macam penyakit.Terimakasih tipsnya :)

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top