Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat DBD

Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat DBD

Semua pastinya sudah mengetahui lezatnya buah  pepaya, namun mungkin sebagian orang belum tahu bahwa selain buahnya yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita daun pepaya juga mempunyai  Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat DBD. Selama ini daun pepaya hanya dimanfaatkan untuk disayur atau sebagai pelunak daging karena kandungan enzim papainnya. Dibalik rasanya yang pahit daun pepaya kandungan Vitamin B, A, C, D, E dan kalsium , salah satunya bermanfaat  bagi tubuh sebagai  antioksidan mencegah radikal bebas.
Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat DBD
gambar: https://www.flickr.com/photos/drpulaski/74216683

Lalu dimana letak Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat DBD?  Sampai sekarang  ini tidak ada obat yang khusus  untuk mengobati  penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue).  Biasanya penderita hanya diberikan obat penghilang rasa sakit. Daun Pepaya adalah obat tradisional yang dapat menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping dengan cara dibuat jus. Berdasar  Penelitian ilmiah,  kandungan  enzim papain dan chymopapin ada dalam jus daun pepayadan enzim tersebut dapat meningkatkan trombosit .

Cara Membuat  Jus Daun  Pepaya
1. Petik dua helai  daun pepaya
2. Cuci daun sampai bersih  direndam selama 15 menit terlebih dahulu, kemudian  dibilas  satu kali lagi.
3. Potong-potong daunya  dan rendam dengan air kurang lebih  2 liter air didalam wadah atau di panci.
4. Kemudian rebus air  dan daun pepaya,  didihkan tanpa menutup panci  sampai air rebusan tersebut berkurang menjadi setengah nya.
5. Jika sudah direbus saringlah air rebusan sehingga hanya menyisakan air saja, cari botol minum, jus dapat disimpan selama 3 hari.

Cukup mudah bukan dalam pembuatan jus nya walau pasti terasa sangat pahit namun Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat DBD akan terasa setelah meminumnya sehingga penderita demam berdarah dengue trombositnya akan meningkat sesuai dengan nilai trombosit yang seharusnya. Seperti yang dialami teman saya beberapa waktu lalu dirawat di Rumah Sakit karena DBD trombositnya turun diangka 20.000 dari nilai normal 150.000 - 400.000/mm3. Setelah tiga hari minum jus daun pepaya Alhamdulillah trombositnya secara berangsur naik.


9 komentar:

denny aditia mengatakan...

wah sayangnya saya anti banget eh mba sama daun kates karena rasanya pait

Lela S mengatakan...

sama mas pahit sekali rasanya tapi kalau untuk obat kita harus melupakan sejenak ketidak sukaan demi kesembuhan mas he he

hendri hendriyana mengatakan...

wah bisa buat DBD ya mba?kalo saya sih taunya kulit pisang bisa buat DBD juga itu bneran ya mba?hehe

denny aditia mengatakan...

paitnya tahan lama sih mba hha

devina putri mengatakan...

daun pepaya ini pait mbak,hehe jadi agak kurang suka :D

Achmad Fazri mengatakan...

wah daun pepaya kan pait banget mba, biasanya saya pesen jus jambu klutuk aja :D

Donaldmas Sepang mengatakan...

Selain untuk penyakit DBD, juga untuk menambah daya tahan tubuh kan mas? Saya sering komsumsi soalnya.

Pengangguran Sukses mengatakan...

Daun pepaya meski pahit memang sangat berkhasiat. Aku sering komsumsi dan manfaatnya memang terasa. Nice post. Obat herbal emang paling TOP

Leony Li mengatakan...

pahitnya minta ampun deh -_-

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top